Cara Mengembalikan Domain Blogspot.co.id Menjadi blogspot.com

Tepat pada tanggal 3 september 2015 lalu, banyak para blogger termasuk saya yang kebetulan memiliki blog berflatform blogspot.com di kagetkan dengan adanya pengalihan domain dari blogspot.com menjadi blogspot.co.id, entah di mulai dari jam berapa? blog saya pun tidak luput dari perubahan besar-besaran yang dilakukan oleh pihak google ini.
Cara Mengembalikan Domain Blogspot.co.id Menjadi blogspot.com

Untuk mengatasi rasa penasaran saya dengan adanya perubahan google yang melakukan pengalihan domain, saya mencoba untuk mencari tau apa yang sebenarnya terjadi, dan setelah saya mengunjungi beberapa forum blogger yang mengalami hal yang sama ternyata.
Adanya rencana perubahan domain dari blogspot.com menjadi blogspot.co.id sebenarnya sudah dilakukan pada tahun 2012, perubahan ini sudah berlaku di beberapa negara besar misalnya blogspot.com untuk amerika, blogspot.de untuk jerman blogspot.au untuk australia dll, namun untuk negara kita indonesia sepertinya baru diberlakukan september ini dari blogspot.com beralih menjadi.co.id, tujuan pengalihan domain dari ini menurut mbah google adalah untuk mengontrol kebijakan bahwa blog tidak boleh melanggar kebijakan suatu negara, jika blogspot melanggar kebijakan suatu negara maka domain blogspot untuk negara tersebut akan dihapus, (hanya untuk domain negara tersebut).
Diberlakukannya domain blogspot untuk setiap negara membuat blogspot akan memilki domain yang berbeda-beda tergantung negara yang melakukan akses terhadap halaman blogspot tersebut. jika di indonesia maka akan menjadi blogspot.co.id, jika diakses di amerika menjadi blogspot.com, dan jika diakses dari jepang maka akan menjadi blogspot.jp dll. ini berfungsi untuk mengantisipasi ketika domain blogspot yang kita miliki dianggap tidak sesuai dengan kebijakan negara tersebut maka domain blogspot untuk negara tersebut akan dihapus.

Tapi, kalau kita perhatikan sebenarnya domain blog kita masih tetap menggunakan domain blogspot.com atau perubahan domain blogspot ini hanya sebatas perubahan yang terjadi pada geographic pengakses blogspot atau pengalihan redirect country. 

Karena perubahan ini resmi dari pihak google saya sendiri tidak terlalu menanggapinya, ini pasti sudah direncanakan oleh pihak google secara matang dan tentunya google tidak melakukan tindakan yang asal-asalan. Namun dampak negatif untuk blog kita juga tentu ada, misalnya iklan google adsense tidak tampil, alexa rank akan membengkak, dll maka dari itu saya akan membagikan tulisan saya tentang 
Cara Mengembalikan Domain Blogspot.co.id Menjadi blogspot.com

Berikut ini langkah-langkahnya..

#1. Masuk ke akun blogspot sobat
#2. pada menu sisi kiri sobat pilih menu template, kemudian sobat pilih edit html
#3. tekan CTRL+F untuk mengaktifkan fasilitas pencarian kode template
#4. cari kode <head> kemudian letakan kode dibawah ini tepat dibawah kode <head>

Cara Mengembalikan Domain Blogspot.co.id Menjadi blogspot.com


 <script type="text/javascript">
      var blog = document.location.hostname.split(".");
      if (blog[blog.length - 1] != "com") {
        var ncr = "http://" + blog[0] + ".blogspot.com/ncr";
        window.location.replace(ncr + document.location.pathname);
      }
</script>

#5. terakhir sobat pilih simpan template

untuk masalah penambahan script redirect custom domain ini google belum terlalu mempermasalahkannya. Namun apabila di kemudian hari mbah google mulai merubah aturan, sebaiknya sobat harus hapus script tersebut untuk menghindari suatu masalah, apabila kita melanggar ketentuan mbah google, maka  blog kita akan dikucilkan oleh mesin pencari google dan itu akan sangat berdampak besar pada visitor atau pengunjung blog kita.

Ok mungkin itu saja artikel yang dapat saya bagikan pada hari ini, kurang lebihnya mohon maaf. Apabila sobat ingin bertanya silahkan berkomentar di bawah. Jangan lupa baca juga artikel 9 Cara Mudah Untuk Memaksimalkan SEO di Blogger. Semoga artikel 
Cara Mengembalikan Domain Blogspot.co.id Menjadi blogspot.com ini berguna untuk sobat semua, sekian dan terimakasih.



Comments

Popular posts from this blog

Sejarah Candi Bumi Ayu di Kecamatan Tanah Abang Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI)

Cara Memasang Share Button Sederhana di Blog

Membuat Widget Followers Blog agar Valid HTML5